Friday, August 24, 2018

Pengertian Gaya Kepemimpinan menurut para ahli

1.       Gaya Kepemimpinan
Menurut Mulyadi dan Rivai (2009:42): gaya kepemimpinan adalah pola menyeluruh dari tindakan seorang pemimpin, baik yang tampak maupun yang tidak tampak oleh bawahannya serta menggambarkan kombinasi yang konsisten dari falsafah, keterampilan, sifat, dan sikap yang mendasari perilaku seseorang. Menurut Thoha (2003 : 303) : Gaya kepimpinan adalah suatu norma perilaku yang digunakan oleh seseorang pada saat ornag tersebut mencoba mempengaruhi perilaku orang lain seperti yang ia lihat

Menurut White dan Lippit yang dikutip oleh Reksohadiprodjo dan Handoko (2001:298), mengemukakan tiga tipe kepemimpinan, yaitu antara lain: 1. Otokratis
a.         Semua penentuan kebijaksanaan dilakukan oleh pemimpin.
b.    Teknik-teknik dan langkah-langkah diatur oleh atasan setiap waktu, sehingga langkah-langkah yang akan datang selalu tidak pasti untuk tingkat yang luas.
c.         Pemimpin biasanya mendikte tugas kerja bagian dan kerja bersama setiap anggota.
d.    Pemimpin cenderung menjadi “pribadi” dalam pujian dan kecamannya terhadap kerja setiap anggota, mengambil jarak dari partisipasi kelompok aktif kecuali bila menunjukan keahliannya.

2. Demokratis
a.        Semua kebijaksanaan terjadi pada kelompok diskusi dan keputusan diambil dengan dorongan dan bantuan dari kelompok.
b.        Kegiatan-kegiatan didiskusikan, langkah-langkah umum untuk tujuan kelompok dibuat dan bila dibutuhkan petunjuk-petunjuk teknis, pemimpin menyarankan dua atau lebih alternatif prosedur yang dapat dipilih.
c.       Para anggota bebas berkerja dengan siapa saja yang mereka pilih dan pembagian tugas ditentukan oleh kelompok.
d.    Pemimpin adalah obyektif atau “fack-mainded” dalam pujian dan kecamannya dan mencoba menjadi seorang anggota kelompok biasa dalam jiwa dan semangat tanpa melakukan banyak pekerjaan.
3. Laissez-faire
a.  Kebebasan penuh bagi keputusan kelompok atau individu, dengan patisipasi minimal dari pemimpin.
b.        Bahan-bahan yang bermacam-macam disediakan oleh pemimpin yang membuat orang selalu siap bila dia akan memberikan pada saat ditanya. Dia tidak mengambil bagian dari diskusi kerja.
c.         Sama sekali tidak ada partisipasi dari pemimpin dalam penentuan tugas.
d.        Kadang-kadang memberi komentar sponsor terhadap kegiatan anggota atau pertanyaan dan tidak bermaksud menilai atau mengatur suatu kejadian.

1.1. Indikator Gaya Kepemimpinan
Menurut kartono (2008:34) menyatakan indicator gaya kepemimpinan sebagai berikut:
a.  Kemampuan mengambil keputusan adalah suatu pendekatan yang sistematis terhadap hakikat alternatif yang dihadapi dan mengambil tindakan yang menurut perhitungan merupakan tindakan yang paling tepat.
b.      Kamampuan memotovasi  adalah daya dorong yang membangkitkan anggota organisasi  mau dan rela untuk menggerakkan kemampuanya (dalam bentuk keahlian atau keterampilan tenaga dan waktunya untuk meneyelenggarakan berbagai kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya dan menunaikan kewajibannya, dalam rangka pencapaian tujuan dan berbagai sasaran organisasi yang telah ditentukan sebelumnya.

c.       Kemampuan kemunikasi adalah kecakaan atau kesanggupan penyampaian pesan, gagasan, atau pikiran kepada orang lain dengan tujuan orang lain tersebut memahami apa yang dimaksud dengan baik, secara langsung lisan atau tidak langsung.

d.      Kemampuan mengendalikan bawahan seorang pemimpin harus memiliki keinginan untuk membuat orang lain mengikuti keinginanya dengan menggunakan kekuatan pribadi atau kekuasan jabatan secara afektif dan pada tempatnya demi kepentingan jangka panjang perusahaan.

e.       Tanggung jawab seorang pemimpin harus memiliki tanggung jawab kepada bawahanya. Tanggung jawab bisa diartikan sebagai kewajiban yang wajib menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.

f.       Kemampuan mengendalikan emosional adalah hal yang sangat penting bagi keberhasilan hidup kita. Semakin baik kemampuan kita mengendalikan emosi semakin mudah kita meraih kebahagiaan.

No comments:

Post a Comment